3 Hal Tak Terduga yang Bisa Sebabkan Diabetes

Di zaman yang serba cepat dan penuh tekanan ini, kita perlu tahu hal-hal aneh apa aja yang bisa bikin risiko diabetes makin tinggi.
3 Hal Tak Terduga yang Bisa Sebabkan Diabetes
pexels.com

Diabetes adalah penyakit yang bisa menimpa siapa saja, baik muda maupun tua. Belakangan ini, diabetes jadi perhatian penting dunia kesehatan. Bukan hanya karena faktor keturunan, diabetes juga dapat muncul akibat gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Di zaman yang serba cepat dan penuh tekanan ini, kita perlu tahu hal-hal aneh apa aja yang bisa bikin risiko diabetes makin tinggi. Yuk, kita cari tahu bersama tentang faktor-faktor yang mungkin nggak biasa tapi punya dampak besar pada risiko diabetes.

1. Kurang Tidur dan Diabetes 

Baru-baru ini, penelitian menunjukkan hubungan aneh antara kurang tidur dan kemungkinan besar terkena diabetes. Kalau tidurnya kurang, tubuh jadi gak bekerja baik dalam menanggapi insulin, yang bisa bikin gula darah naik. Ada penelitian di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism yang lihat banyak riset, dan hasilnya menunjukkan kalau orang yang selalu tidur kurang dari enam jam setiap malam lebih berisiko kena diabetes tipe 2. Jadi, tidur cukup nggak cuma baik buat rasanya enak, tapi juga bisa jaga kadar gula darah dan kurangi risiko diabetes.

2. Kesepian dan Sendirian

Selain bikin hati sedih, rasa kesepian bisa bikin risiko diabetes naik, lho. Menurut riset di International Journal of Epidemiology, kalau sering sendirian, kita cenderung memilih makanan yang tidak sehat dan kurang bergerak, kedua hal ini dapat meningkatkan risiko diabetes. Punya teman dan keluarga yang dekat bisa bantu mencegah diabetes, bukan cuma soal merasa senang, tapi juga soal menjaga tubuh tetap sehat dengan tetap dekat dengan orang lain.

3. Udara Kotor dan Hubungannya dengan Diabetes

Gak nyangka, udara yang kita hirup ternyata bisa mempengaruhi risiko diabetes, lo. Terpapar polusi udara, terutama partikel halus (PM2.5), ternyata nyambung sama risiko diabetes yang lebih tinggi. Kesimpulan penelitian di jurnal The Lancet Planetary Health mengatakan bahwa adanya keterkaitan yang kuat antara paparan udara kotor alias polusi dalam jangka panjang dengan peningkatan kasus diabetes. Jadi, ini ngegarisbawahi pentingnya ngurusin faktor lingkungan dalam perjuangan kita melawan diabetes.

Sebagai penutup, saat kita mikirin cara mencegah diabetes, kita ternyata juga perlu lho mikir lebih dari sekadar penyebab yang keliatan, seperti kurang tidur, terpapar udara kotor, dan merasa kesepian juga bisa meningkatkan risiko diabetes.
Baca Juga
Table of Contents

Memuat…